Pages

Thursday, August 30, 2012

Mendengar Untuk Tahu Kebutuhan Pelanggan

Komisi - Komunitas Sales Indonesia

1. Menurut bapak mana yang lebih baik menjadi seorang sales yang banyak bicara atau banyak mendengar? Dan apa alasannya ?
Jawabnya :
Menurut saya Sales yg banyak mendengar jauh lebih baik utk saat ini. Hal ini disebabkan status sales sebenarnya sudah bergulir merangkap jg sbg seorang konsultan. Dimana kondisi sekarang ini, konsumen lebih membutuhkan seorang konsultan yg bs membantu dia menyelesaikan kesulitan ataupun kebutuhan Dia.
Utk dapat membantu menyelesaikannya, maka kita harus tahu apa yg dibutuhkan konsumen. Utk tahu itu maka sales harus banyak bertanya yg terarah, shg sales dapat menyimpulkan solusi terbaik yg sesuai dgn kebutuhannya.
2. Berdasarkan pengalaman bapak bagaimana cara mendapatkan informasi dari pelanggan. Karena seringkali banyak sales people yang sulit dalam mendapatkan informasi dan akhirnya memberikan solusi yang tidak sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan?
Jawabnya :
Cara saya untuk meng-collect informasi adalah awalnya dgn membawa suasana komunikasi yg akrab kekeluargaan. Krn dgn posisi seorang sales yg formil, juga konsumen kaku, maka semua yg dicari utk mendapatkan info tsb akan sangat sulit (akan terjadi yg namanya close communication).
Ttp dgn suasana yg santai, maka konsumen akan merasa rileks dan tanpa terasa dia akan menyampaikan apa yg dibutuhkannya utk sebuah produk.
Selain itu pertanyaan rileks yg dilontarkan adalah pertanyaan yg terarah kepada tujuan jelas utk mengetahui kebutuhan konsumen sebenernya.
Ada hal yg sering dilupakan utk pertanyaan terarah ini krn terbawa suasana dan emosi. Biasanya saya melakukan pertanyaan yg terpandu pada : What, Why, Who, Where dan When.
Dgn memakai panduan 5 W ini maka diharapkan apa yg kita ingin tahu utk dpt menyelesaikan masalah yg sesuai kebutuhan konsumen dpt di collect. Shg kita segra dpt menyimpulkan solusi terbaik utk konsumen.
Itulah jawaban saya Pak. Thanks
Reportase di atas ini sengaja saya tayangkan krn kadang hal kecil sering dilupakan oleh kita.
Semoga bermanfaat.
Happy Selling...Happy Creativ....
Salam Terang,
Surya
The New Concept Training
Pin:28db81ad


















0 komentar: